Rabu, 23 September 2015

Sejarah Sepatu Moccasin

Ciri yang paling mudah ditemukan dalam mengidentifikasikan sebuah sepatu moccasin adalah adanya jahitan atau sulaman dibagian atas sepatu, dimulai dari ujung sebelah kiri sampai kanan sepatu yang semuanya ujungnya berakhir tepat didepan pergelangan kaki. Sepatu ini paling banyak dibuat dari bahan kulit lembut terlebih jenis suede. Dengan bentuk sol yang rata dan lentur, membuat sepatu jenis ini sangat ringan dan nyaman sekali saat dipakai.

Pada awal perkembangannya, sepatu moccasin dibuat dan sering digunakan oleh orang-orang indian. Jika dilihat dari bentuk desain dan modelnya, memang sepatu ini sangatlah cocok dan sesuai dengan gaya dandanan layaknya seorang indian. Biasanya dulu sepatu ini banyak digunakan oleh para pemburu dan pengembara dalam melakukan aktifitasnya.
Jika dilihat dari asal katanya, moccasin berasal dari kata makasin powhattan yang merupakan bahasa algonquian dan dari kata proto-algonquian yaitu maxkenseni yang artinya sepatu. Suku algonquian adalah sekelompok orang indian yang hidup di amerika utara tepatnya di wilayah subartic timur kanada.


Sepatu ini bukan hanya digunakan oleh kaum pria, tapi juga telah menjadi jenis sepatu vintage yang disukai banyak wanita. Beberapa dari sepatu jenis ini ada yang dilengkapi dengan tali untuk mengikat dan mengatur kekencangan sepatunya, ada juga yang dibuat tanpa tali atau dengan model loafer. Untuk mempermanis desain, ada juga produsen sepatu mocassin yang menyematkan beberapa aksesories seperti rumbai-rumbai (layaknya dandanan seorang indian) dan juga beberapa aksesoris penunjang lainnya.

Kini, seiring dengan semakin berkembangnya mode, sepatu jenis ini tidak hanya dibuat dari bahan kulit, namun ada juga yang dibuat dari bahan canvas. Dengan model dan desain yang simple dan mampu memberikan kenyamanan dalam penggunaan tingkat mobilitas tinggi, dan kemudahan dalam memadu padankan dengan busana yang dipakai, maka sepatu ini termasuk dalam kategori sepatu casual. Dari sekian banyak macam – macam sepatu yang ada, jenis ini sepertinya terlihat sangat eksotis bila dipadukan dengan gaya busana yang eksotis pula.